CERITA GAP YEAR KU! 2 Tahun Kerja di Pabrik Ikut SBMPTN Sekali Lolos UGM!


"Seperti olahraga lompat jauh, terkadang kita perlu mundur dulu untuk mendapatkan skor yang jauh"

Hallo yeorobun, salam kenal!
Jika kalian berkenan membaca blog ini kalian akan menemukan sepenggal cerita tentang seorang pemimpi yang mungkin baru memulai menapakan langkahnya menuju cita yang besar. So, langsung saja lah yaa..

Semua ini berawal dari..

Kelas 12 SMK,

Yaa, aku bukan anak SMA yang notabene-nya lebih dicenderungkan buat lanjut kuliah. Aku anak SMK yang kebanyakan lulusannya itu bakal kerja, tapi sebenarnya dari kelas 11 aku udah punya cita-cita buat kuliah di STAN, kenapa?, jelas udah pada tau kan, disana aku bisa kuliah gratisss dan langsung kerja. Dari kelas 11 tuh aku udah mulai nyicil persiapan buat daftar STAN, selain nyiapin materi aku juga mulai latian tes kebugaran ciri khas STAN: lari. Aku latian lari di alun-alun kota, di lapangan bola belakang rumah yang deket ‘kuburan lama’ bahkan lari keliling rumah (ini serius wkwk), saking seringnya lari sampe tetangga ngira kalo aku mau daftar Polisi. Sayangnya, pas kelas 12 aku dilemma banget sama keputusan orang tua yang belum ngebolehin aku buat kuliah. Bahkan saat aku cerita pengen lanjut kuliah di STAN respon bapakku sangat sangaaat menyakitkan. Eumm kira-kira seperti ini “kamu boleh mimpi tapi kamu juga ukur kemampuanmu, jangan bermimpi menyebrangi lautan kalau kamu hanya punya tali sejengkal” Pfft itu adalah kalimat yang paling bikin aku down saat itu, tapi kalo dipikir bener juga si karena waktu itu emang nilai Try Out STAN yang aku ikuti belum memuaskan.

Kemudian hal lain yang bikin aku down adalah setiap kali aku cerita ke ibuku soal kepengenanku kuliah, ibukku selalu ngresponya tentang masalahan biaya, padahal udah aku jelasin beriburiburiburibu kali kalau di STAN itu gratisss tiss tiss. Tetep aja NIHIL. Yaah namanya orang tua yakann.

SEDIH PASTI, aku ngerasa kaya gak ada yang ngedukung mimpiku. Kaya' seluruh semesta emang bersekongkol buat gak dengerin mimpiku! Kalo aja ibuku gak mempermasalahkan biaya dan ngebolehin aku kuliah mungkin aku bakal usaha lebih keras buat ngimprove nilaiku dan mbuktiin kalo aku bisa. Tp ya gimana.. saat itu kaya' gak ada yg buat aku yakin sama diriku sendiri.  Aku sadar si kebanyakan pemikiran orang tua di lingkunganku emang masih kaya gitu. Dan mau gimana lagi, aku gak mau ngelawan ortu, karena aku yakin banget kalo ridho Illahi, ridho orang tua juga.

CERITA SNMPTN

SNMPTN buat anak SMK ituu kesempatan yang sangat langka karena kuota anak SMK untuk mendaftar kuliah terbatas, untungnya aku dapet kesempatan untuk bisa mendaftar. Tapi waktu itu kegalauan muncul pas mau daftar SNMPTN. Temen-temenku terus mbujuk aku buat daftar tapi aku kepikiran restu orang tuaku. Beberapa hari aku terus mikirin antara daftar atau nggak. Sungguh saat itu sangat membingungkan. Aku coba ngomong lagi ke ortu. HASIL TETAP SAMA. GAK BOLEH :’ . Kali ini aku udah  nyerah, aku gak bakal mungkin lanjut tahun ini. Temen-temen deketku waktu itu terus mbujuk aku buat daftar, mereka ngomongnya “udah si daftar aje, siapa tau lolos terus ortu kamu ngerestuin, lagian ini cm lagi pendaftaran’’. Hmm akhirnya aku kena umpan dan daftar ehhee. Karena dari awal emg udah hopeless, waktu ngisi pilihan kampus aku isi kampus-kampus yang keren dan alumni sekolahku gak pernah ada yang kesitu lewat jalur SNMPTN. Okee tinggal nunggu pengumuman..

PENGUMUMAN SNMPTN

Hasil sudah bisa ditebak dari awal hahaha. TERTOLAK. Waktu buka pengumuman sama sekali gak ada greget, dan pas tau hasilnya yaaa gimana ya antara sedih dan biasa aja. Temen-temenku yang lain udah jelas sedih. Di kelasku cuma ada 1 anak yang lolos SNMPTN. Dan karena kesedihan berjamaah itu kita namain hari itu hari patah hati nasional :”D

CARI KERJA

Karena orientasi aku berubah ke kerja jadi aku gak berurusan lagi sama yang namanya nyiap-nyiapin tes masuk ptn. FOKUS CARI KERJA. Nyari kerja ternyata juga susah, dengan tinggi yang pas-pasan aku udah beberapa kali daftar kerja lewat BKK (fyi BKK itu kepanjangan dari Bursa Kerja Khusus, pokoknya itu tempat buat daftar kerja gitu lah) Dari beberapa seleksi ngga ada satupun yg lolos, sedih banget gak sih :”( tp akhirnya waktu itu ada temen ku yang ngajak aku ngeposin surat lamaran kerja. Dan Alhamdulillah 2 minggu setelah ngeposin surat lamaran aku dapet panggilan tes. Kurang lebih 2 minggu proses seleksi aku ditrima di pabrik itu.  Kerja selama 2 tahun di pabrik itu antara seneng dan sedih, banyak hal yang bikin aku buka mata dan mendewasakan aku. Bener-bener waktu itu umurku baru 18 tahun dan menjalani sebuah pengalaman hidup yang berat haha jangan dramatisir yak,

Tahun pertama kerja sebenernya udah gak betah banget, cape, ditambah kalo liat postingan temenku yang kuliah, rasanya tu kayaa sakit banget ini hati, envy gitu loh. Kadang hal itu bikin aku kepikiran sampe kerja sambil nangis kalo inget impian pengin kuliah :’ (Aku pengen cerita gimana up down nya aku saat itu tapi bakl bikin blog ini terlalu panjang)

Okkey suatu hari, bulan desember kalo gak salah, aku niat buat ikut USM STAN, aku udah beli tuh bukunya (sebenernya aku juga udah ada 2 buku dirumah tp aku beli lagi yg edisi terbaru). Minggu-minggu pertama aku sayang banget sama bukunya tiap hari ku buka kalo abis pulang kerja atau weekend. Minggu-minggu selanjutnya buku itu terlupakan dan gak dibuka lagi hehe. Sampai sekitar bulan Februari semangatku kembali dan mulai belajar lagi. Setelah beberapa hari meyakinkan diri bakal ikut USM STAN aku cerita ke mamaku soal ini. Karena ortuku tau kalo kontrak kerjaku masih sampe bulan Juni mereka gak ngizinin lagi, kata mamak dan babeh: "Selesein dulu kerjanya, emang udah punya tabungan berapa? Kuliah mahal bapak udah ngga kerja. Udah nabung dulu aja kalo udah cukup baru kuliah"
HAAAHHH denger respon ortu kaya gitu aku pengen teriak, aku cape buat ngalah terus sama mimpiku. Setelah nelpon itu aku nangis dikontrakan. Sebagai seorang yang masih belum dewasa, aku belum bisa ngelola emosiku, aku gak marah sama ortuku saat itu aku cuma ngerasa capek dan muak. Hari-hari selanjutnya terus kepikiran sama mimpi yang seakan semua aspek kehidupan ini memang menentangnya, hal itu sedikit mempengaruhi emosionalku dan ngefek ke kerjaan dan hubungan personal, beberapa hal menjadi sedikit berantakan. (Ah sad kalo diinget)

Suatu hari di hari libur kerja aku pulkam dan main sama temen kakaku, dia anak kuliahan dan emang sering menjadi tempat curhat, kita ngobrol dan dia nanya ke aku “kamu katanya pengin kuliah?jadi gak?” aku dengan sedikit loyo menjawab “ngga tau mba, gak ada harepan” terus dia bilang gini “loh kenapa? Bukannya dulu kamu orang yang ambisius ya biasanya, maksudku kalo kamu mau apa pasti kamu bakal usaha buat dapetin itu, ya kan?” (perkataan mbak ini yang kemudian bikin aku sedikit bersemangat lagi buat ngejar mimpi) aku jadi mikir “emang iya ya?” emang aku orang yang gitu ya?” hmmm

MEMUTUSKAN UNTUK IKUT SBMPTN 2018

Sebenernya aku tu sayang banget sama temen-temen di kerjaan, seneng gitu kalo kerja sama mereka. Bahkan mereka itu udah kaya kakak buat aku. Mba Hana, Mba Yuli, Imel, Mba Phiyul, mereka adalah semacam mood booster saat kerja. Dan di mess aku punya keluarga yang jadi saksi betapa aku niat mempersiapkan USM STAN tapi gak jadi mereka adalah Rifa, Mba Susi, Mba Eri dan banyak lagiii. Mereka selalu jadi obatku di sana. Berat buat pisah sama mereka. Tapi dalam perjalanan hidup emang PEOPLE COME AND GO kan, So, for you guys who being part of my life. THANKYOU SO SO SO MUCH.

Mimpi buat kuliah gak pernah ilang. Tahun 2018 adalah kesempatan terakhir aku buat bisa ikut SBMPTN dan kali ini bener kata temen kakaku “Puput adalah orang yang gak gampang nyerah sama apa yang dia mimpikan”.

Aku mulai beli buku SBMPTN dan mencoba melupakan STAN karena umurku yang gak bisa, walaupun sebenernya masih pingin si disana. Mulai hari itu aku fokus belajar, aku gak mau kehilangan kesempatan terakhirku. Tiap weekend aku selalu belajar di kontrakan, dan untunglah aku orang yang gak seneng main jadi gampang buat aku untuk tetep stay di kosan, meskipun kadang bosen juga.

Dalam proses belajar itu sering banget semangat naik turun karenaaa UDAH LUPA SAMA SEMUA MATERI! soal-soal di buku itu berasa susaaah banget, apalagi matematika beda banget sama yang diajarin di smk, dari situ aku minta bantuan ke temenku anak SMA yang juga lagi berjuang buat SBM. Karena aku gak cerita ke siapa-siapa tentang ini, dia jadi satu-satunya temen berjuangku, untunglah meskipun dia sangat menyebalkan tetapi aku jadi ngerasa punya temen yang senasib karena kebetulan dia juga gapyear 2 tahun. Diajarin matematika lewat online adalah agak sia-sia karena aku tetep aja gak mudeng, emang dasar akunya aja yang noob!

Karena susah buat ngerti materi aku mikir buat ambil less di bimbel. Pertimbangan yang cukup berat si karena untuk kelas alumni harga pasti mahal ditambah itu artinya uang tabunganku bakal berkurang disaat kontrak kerjaku mau abis 2 bulan lagi, setelah berpikir lamaaa akhirnya aku putusin tetep ambil less, dalam hati cuma bisa ngeyakinin diri “YANG PENTING USAHA DULU MASALAH HASIL URUSAN BELAKANGAN, MIMPI EMANG HARUS RELA BERKORBAN KAN, USAHA GAK MENGHIANATI HASIL KOK, OKE PUT SEMANGAT!” Kalo lagi mikir eman sama uang aku ucapain kalimat itu terus dalam hati.

Singkat cerita aku nemu tempat less yang lumayan murah di Tambun. 1,5 bulan aku less, cape pasti, karena aku harus mbagi waktu kerja, less, belajar sendiri dan istirahat ditambah tempat less yang cukup jauh dari tempat kerja. Kadang kalo lagi muasa, aku buka setelah pulang less yaitu sekitar jam 8-9 malem karena pulang kerja langsung ke tempat less, sebenernya waktu antara pulang kerja dan less itu ada tapi nanggung, terlalu  bolak-balik kalo harus pulang dulu ke rumah.

Kalo ngomongin soal seberapa berpengaruhkah less buatku menurutku less itu sebenernya gak ngaruh2 banget ke aku, cumaaa dari less setidaknya aku punya WAKTU TETAP buat buka buku, materinya sebenernya jg gak masuk-masuk amat ke otakku apalagi aku lessnya ikut kelas 12 yang udah jalan jd agak ketinggalan. Dan setiap pulang less aku usahain untuk buka buku lagi sampe tengah malem. Pokonya waktu itu yang penting aku makan sayur sama buah buat jaga stamina masalah tidur nomor sekian,kadang tidurnya di kerjaan pas istirahat. Dan buat nyemangatin diri, aku tempelin tulisan impianku di jam dinding yang tepat ngehadap tempat tidurku jd tiap bangun aku langsung ngeliat tulisan itu. Tulisannya adalah “GAMADA 2018”. Tiap aku ngeliat tulisan itu aku selalu baca sholawat, waktu itu aku lagi sering-seringnya ngedengerin ceramahnya Ust. Yusuf Mansyur jadilah aku solawatin terus tulisan itu, setiap bangun tidur, abis solat, mau kerja pokonya kapanpun aku liat tulisan itu dah. Tapi bukan berarti menjadikan sholawat jadi semacam 'jimat' yak, kita sholawat ya niatnya untuk bersholawat minta mah tetep sama Allah.

SBMPTN 2018

Sekitar seminggu sebelum ujian SBMPTN kontrak kerjaku udah abis dan aku bisa pulang kampung. Agak berat meninggalkan Bekasi yang udah ngasih aku banyak pengalaman hidup, terlalu banyak orang baik disana.

Kalian tau jalan menuju mimpi itu penuuuh banget sama rintangan bahkan mau pulang pun ada hal2 yang bikin nangis. Jadi cerita pas mau pulkam gini..

Jadwal tiket keretaku kalo gak salah jam 10 pagi dari St. Pasar Senen dan aku otw jam 9 kurang naik KRL dari St. Bekasi. Bodohnya udah tau KRL itu rame dan lama karena harus stop di beberapa stasiun, aku otw.nya mepet. Sebelum otw ke stasiun KRL aku pamit ke keluarga omku yang aku tumpangin, sama sekalian ngasih uang ke mbah, niatnya tuh buat trimakasih gitu, gak enak masa udah numpang gak ngasih apa2, tp mbah nolak mentah2 katanya kasian buat sekolah nanti (iya kalo diterima. Amiin kataku dalem hati waktu itu). Akhirnya aku kantongin lagi uangnya di saku baju barengan sm hpku. Pas naik ojek, dijalan aku ngambil hp buat liat jam , aku masukin lagi hpnya ke saku. Sampe stasiun mau bayar ojek pake duit yang tadi niatnya buat mbah, aku cari2 di kantong gak ada huaaa langsung kelabrakan soalnya uangnya lumayan banyak bisa ge buat makan seminggu. Ah sedih. Ya udah aku bayar pake duit yg di dompet, pas mau bayar uangnya jatoh kabur kena angin donggg..... tapii untng gak jauh trus aku ambil, krn posisi aku lagi buru2 banget aku gk liat kanankiri depanbelakang. SREETTTTT ada motor lewat dan tanganku hampir aja ketabrak! itu roda motor udah pas di depan tanganku yg lagi mungut duid! udah kaya sinetron2 ind*siar gitu lah pokonya. Huhuhu. Tp Alhamdulillah selamat.

Setelah bayar ku langsung ngacir beli tiket KRL. Skip skip skip. Udah di dalem KRL, 2 stasiun lagi nyampe tp KRLnya berenti2 lumayan lama, liat jam udah mepet bgt ke jam 10 akhirnya aku kluar dan cari ojek. Aku suruh bang ojeknya buat ngebut. Sampe stasiun 9.40an lah langsung nyetak tiket dannnn keretaku udah berangkat 3 menit yang lalu:”( sedih banget, aku mau marah2 banget waktu itu sm diri sendiri tp aku tahan emosi krn lagi di satsiun, banyak orang. Tapi kecapeanku sudah teramat dalam wkwk sampe akhirnya aku nangis dipinggiran stasiun. Aku coba sok strong lagi, aku gak mau dong balik lagi. Pokonya harus pulang hari itu juga tp bingung naik apa kalo naik bis aku gak tau sama sekali daerah situ apalgi terminal di Jakarta terkenal liar. Kalo naik kereta apa mungkin ada kalo pesen hari H??? hmm tp aku coba cek, Alhamdulillah ada tapi harganyaaa muahaal, hamper 4 kali lipat harga tiket yg sebelumnya kubeli dann aku harus nunggu sampe jam 7 malem, tp gak apalah drpd harus balik lagi.

Gak sampai situ cobaanku! Jd aku pulang bawa 1 tas gendong dan 2 tas jinjing. Tas gendong buat baju2ku, tas jinjing 1 buat buku dan tas jinjing satunya oleh2 dari keluarga om dan isinya beuuraaat banget! Pas lagi jalan ke peron, tas oleh2nya putus! Aduh meni riweuh pisan, pegel lagiii.bisa bayangin kan gimana menderitanya aku nyincing tas sobek dengan beban yang berat :'

Huft untunglah akhirnya keretaku dataang. Jug ijagijugijagijuuuk hometown emkaminggggg….

MENUJU JOGJA

H-3 SMBPTN aku udah di Jogja nginep di kosan kakaku. H-2 aku survey tempat test dan lumayan jauh. Aku dianter kakaku waktu itu. Sebenernya temen berjuangku juga test di Jogja tp dia dapet lokasi di UGMnya. Aku mikirnya waah enak banget kalo aja aku dpt lokasii di situ juga kan aku ada temen dan bisa ku solawatin. Aku yang paling noob kalo ngafalin jalan, brangkat test sendiri krn kakaku gk bisa anter. Awalnya ku coba buat so ngerti jalan tp sampe pertengahan I was getting lost :’D akhirnya aku buka MAPS. Sampe sana udah agak rame, ketemu beberapa orang dan ngobrol. Ada hal yang bikin iri waktu itu. Ada seorang anak yang dianter sama ayahnya, dia seruangan sm aku. Anak dan ayah itu dekeeettt banget, nyemangatin, becandaan, aishh :/!! Aku yang sebenernya manja ini ngebatin dalam hati “kenapa ku selalu sendiri, bahkan kaka pun gak nganter, emang aku harus semandiri itu ya, aku kan cewee” wkwk maksudku aku kadang iri sama mereka (cewe2) yang dilindungin banget sama kakanya, keluarganya, temen cowonya :v aku berasa ditakdirkan buat jd cewe yang bisa apa2 sendiri gitu padahal aku gak sekuat itu hey!

Test dimulai, kuawali dengan doa “ YA RABB AKU SUDAH BERJUANG SEJAUH INI, AKU UDAH TERIMA SEMUA TAKDIRKU SELAMA INI BUAT NUNGGU, KATAMU SEMUA PERJUANGAN PASTI AKAN ADA HASILNYA, DAN JUGA SEMUA DOA PASTI TERKABUL, JIKA TAKDIRKU MEMANG BUKAN KULIAH TOLONG KUATKAN AKU UNTUK MENERIMA HASIL DAN GANTI DENGAN SESUATU YANG MEMBUATKU LUPA DENGAN RASA KECEWA ITU, TAPI JIKA TAKDIRKU MEMANG KULIAH TOLONG LANCARKAN SEMUA INI. AAMIIN”
Waktu ngerjain tes aku gak berasa susah karena aku Cuma ngasal isi wkwk :v yang terpenting waktu itu adalah ku isi semua soal. Karena fortunately system SBMPTN tahun 2018 gak ada nilai mati, meskipun waktu itu banyak yg masih pada ragu, tapi kalo buat aku isi semuaaa hehe. Soal matematika paling noob, tau sendiri lah sejak awal emang gak pernah mudeng MTK padahal nilai UN ku lumayan wkwk. Percaya gak percaya soal mtk gak aku baca satupun soalnya, aku cm isi asal. Aku udah aku bilang kaya yg doa yang diatas aku udah serahin semua perjuanganku sama Allah. Sudah tinggal nunggu pengumuman.

HARI PENGUMUMAN

Di hari pengumumsn, tepatnya 13 juli 2018. Waktu itu aku lagi kerja di bengkel, tepatnya baru hari ke2 kerja, kabar2nya waktu itu pengumuman bakal keluar jam 5 sore sedangkan aku jam segitu baru pulang kerja. Temen kerjaku waktu itu tau kalo aku daftar SBMPTN.
Aku gak terlalu excited si nunggu pengumuman krn aku udah pasrah2an sama hasilnya, ketrima sukur engga ya udah krn aku sadar diri hehe. Trus pas jam 3 tuh temen kerjaku bilang kalo pengumuman SBMPTN udah keluar, aku agak gk percaya si orang di berita bilangnya jam 5. Tapi temenku maksa buat liat, tp aku gak mau buka pengumuman di tempat kerja jadi aku Cuma bilang “biarin lah ntar aja pas pulang”. Kebetulan hari itu kerjaan kelar agak awal, tiap mau pulang kita ada nulis rekap, waktu itu aku lagi agak selo krn yang ngerjain rekapan senior. Aku coba buka2 pengumuman. Ku masukin nomor pesertaku, sebelum ku klik ok atau apalah itu aku baca basmallah dan ngga brenti solawat. Deg degan sumpah, aku ini nyeritainnya jga saambil deg2an loh wkwk. Pas bukaaaa, kalo ketolak kan warna merah kan yaa, itu ko ijo waaah pelan pelan ku scroll ke bawah ada tulisan GADJAH

DAN DANN DANN....

Selamat Anda di terima di Sastra Inggris UNIVERSITAS GADJAH MADA
Huaaaaku gemeter dan pen nnangis dong tp gak bisa krn ada orang wkwk. Aku meluk temen kerjaku dan ngasih tau mereka. Mereka ngucapin selamat ke aku dan artinya aku harus secepatnya resign dari kerjaan :’)
Aku belum ngabarin rumah waktu itu tp aku langsung caw ke Masjid Agung Kebumen buat nangis hehe. Di perjalanan ke masjid aku gak henti2nya makasih sama Allah sambil sesekali nangis. HAHH HARI ITU ADALAH HARI TERINDAH BAGI AKU. DAN MEMBUAT AKU TAMBAH YAQUIN KALO ALLAH BAKAL DENGER DOA HAMBANYA. DAN AKU YAKIN KALO SETIAP BUNGA PASTI BAKAL MEKAR PADA WAKTUNYA HANYA DURASINYA YANG BEDA, ADA YANG CEPET ADA YANG LAMA.


Begitulah kisahku, buruh pabrik yang masih punya mimpi hehe.
Kamu juga pantas ko bermimpi!YUK SEMANGAT!

Komentar

  1. MasyaAllah puput terharu kali baca nya.. apa yg km rasain hampir sama kaya aku dulu jadi dari awal aku bisa ngebayangin gimana rasanya ketinggalan kereta di kota besar sendirian dengan barang bawaan yg tdk sedikit, rasanya tuuhh sedih, jengkel, kecewa dll :''...
    Tp aku seneng banget pas ketemu kamu waktu daftar ulang. Dari pengalaman kita yg hampir sama, membuat kita nyambung waktu ngobrol :D
    Semangat terus puput!!! Semangat menjalani semester 3 di Gadjah Mada!!! ({}) :D

    BalasHapus
  2. Eh socaa makasiih ternyata kita sama2 pernah ketinggalan kereta ya😂

    BalasHapus
  3. Just finished reading this writing. Sangat jujur dan menginspirasi. Kita samaaaa! Punya pengalaman yang sama beratnya, walaupun ceritanya beda.

    Allah sayang kamu pakai banget, ya Put! Habis ini pengorbanan, tanggungjawab, dan kekecewaan akan makin banyak ya kan. Pun, bersamaan dgn itu, mimpi, sikap tangguh, dan keimanan harus makin giat ditumbuhkan. Yuk, barengan belajar makin tangguh! :")

    BalasHapus

Posting Komentar